Rabu, 08 Februari 2017

KKN di Desa Citimbang Part I

Foto Bersama Perangkat Desa Citimbang

Kuliah Kerja Nyata atau yang biasa disebut KKN adalah salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa kepada masyarakat (biasanya masyarakat Desa) (
katanyasihgitu). KKN ini merupakan "mata kuliah" wajib bagi mahasiswa S1 semua jurusan. bobot untuk KKN adalah sebanyak 3sks. (ini di unsoed loh ya, mungkin beda kampus beda aturan dan beda bobot nilai).

KKN di Universitas Jenderal Soedirman sendiri secara umum dibagi menjadi dua macam, yaitu KKN Posdaya dan KKN Tematik. Perbedaan sederhanannya adalah KKN Tematik membawa tema khusus yang sudah ditentukan sebelumnya, seperti pemetaan digital, pengembangan masyarakat tani, pokoknya udah ada tema tersendirinya lah ya, sedangkan KKN Posdaya ini pengembangan dari Posyandu yang ada di Desa, jika sebelumnya Posyandu hanya berfokus pada kesehatan, tapi Posdaya menambah jadi 5 macam, yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan, ekonomi, dan kelembagaan. dan gue memilih untuk mengambil KKN Posdaya.


 Setelah registrasi online dibuka, akhirnya gue memilih Kecamatan Salem Kabupaten Brebes sebagai lokasi tempat KKN, yang nantinya akan secara random dipilih desa yang akan ditempati, dan desa yang gue dapetin adalah Desa Citimbang. Alasan kenapa gue memilih Kecamatan Salem adalah karena secara geografis berbatasan langsung dengan Kabupaten Kuningan, sekitar 2,5 jam jarak antara lokasi KKN dengan rumah gue di Kuningan (walaupun akhirnya gue hanya pulang kerumah selama sehari karena harus mengurus pajak motor).

KKN ini dilaksanakan selama 35 hari.
35 hari tinggal di desa.
35 hari tinggal dengan orang baru dan suasana baru.

Oiya, setiap desa terdiri dari 10 sampai dengan 15 orang, kebetulan jumlah kelompok gue ada 11 orang yang terdiri dari 11 jurusan yang berbeda:
Administrasi Negara, Peternakan, Kedokteran Gigi, Sastra Inggris, Ilmu Hukum, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Kesehatan Masyarakat, Teknik Geologi, Kimia, dan Biologi (rincian manusianya nanti gue rinci di postingan selanjutnya)

Urutan kegiatan KKN yang gue lakukan kemarin:
Pertama, setelah mendapatkan kelompok dan lokasi pasti desa tempat KKN, kegiatan selanjutnya adalah melakukan survey tempat KKN. Survey ini dilakukan untuk melihat bagaimana keadaan di lokasi tempat KKN yang nantinya bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk membawa perlengkapan, lokasi induk semang (tempat kita tinggal selama KKN), dan juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk membuat rencana program kerja.

Kedua, pastikan sudah memiliki induk semang untuk tempat tinggal selama KKN berlangsung. usahakan mendapat induk semang yang baik, jangan kayak ibu tiri.

Ketiga, menyusun rencana program kerja. program kerja ini seharusnya disusun atas dasar kebutuhan masyarakat. tetapi biasanya mahasiswa yang males kayak gue gini cuma bisa nyontek dari program kerja sebelumnya, hanya tinggal diberikan sentuhan magic sedikit. dan taraaa, jadi program kerja.

Keempat, pelaksanaan KKN dan realisasi program kerja yang telah disusun... percayalah, 35 hari selama KKN, paling hanya sekitar 1 sampai 2 minggu saja yang paling efektif. sisanya gabut maxxx.

-To Be Continued -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar