Rabu, 04 Maret 2015

Stopmotion

Akhir-akhir ini gue suka iseng buat video walaupun engga gue publish semua dan kebanyakan setelah selesei edit kemudian gue hapus. Engga sedahsyat video editor yang udah pro sih, level gue masih newbie bahkan lebih bawah lagi dari newbie (kali). Video yang gue buat kali ini adalah video stopmotion (video ini dibuat tahun lalu), ini adalah video stopmotion pertama gue yang gue publish, sebelumnya gue udah pernah nyoba juga teknik ini tapi seperti yang gue sebut diatas, gue buat tapi setelah selesei gue hapus.

Btw, pada tau dong ya video stopmotion itu apa?



Simplenya sih video stopmotion ini adalah video yang terdiri dari foto-foto yang digabungkan secara berurutan per adegan sehingga memberikan kesan kumpulan foto tersebut terlihat seperti bergerak. Biasanya diperlukan beratus-ratus foto untuk membuat stopmotion yang berdurasi 1-3 menit, yang gue buat terdiri dari 90 foto untuk durasi 30 detik.



Proses pembuatan video stopmotion ini sebenernya simple asalkan kita bisa sabar, karena pengambilan foto per adegannya lumayan menguras tenaga, apalagi ketika dikerjakan sendirian seperti yang sering gue lakukan.

Setelah foto terkumpul, tinggal kita olah di komputer menggunakan software video editing, gue sih pake Sony Vegas Pro 11. kemudian kita atur mau berapa foto perdetiknya, terus tambah musik, selesei.

Alat-alat yang dibutuhkan untuk pembuatan stopmotion cukup kamera + tripod, atau kalau engga ada tripod bisa pake monopod a.k.a tongsis (btw gue juga pakenya tongsis) dengan sedikit modifikasi tentunya, agar bisa diem kayak tripod.


Kira kira seperti itulah proses pembuatannya, ribet sih tapi karena gue suka jadi enjoy aja :v
ini dia hasil dari keribetan diatas:


Masih banyak yang kurang, terutama pencahayaannya yang beda-beda, kadang terang kadang gelap, jadi agak kurang enak diliat sih.
harusnya kalo bisa setiap foto di edit lagi biar hasilnya lebih maksimal.

salah satu pembuat video stopmotion favorit gue adalah Mysteryguitarman dan Aulion, hasil video buatan mereka bener-bener niat banget, mungkin karena mereka udah bisa dikatakan pro juga ya. Coba kalian cek karya mereka di youtube chanelnya mereka masing-masing, pasti kalian bakal terkesima :v

Ketika kita melakukan sesuatu dengan sepenuh hati dan sesuai dengan passion kita, seribet atau sesulit apapun itu pasti bakal enjoy.
Thankyou,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar