Rabu, 30 April 2014

Tipe-Tipe Mahasiswa ketika Ujian


Hari ini adalah hari terakhir Mid Test ditutup dengan Pengantar Statistik Sosial. Setelah beberapa hari menjalani mid test dan mengamati dengan seksama orang orang yang ujian, akhirnya gue mengambil beberapa kesimpulan tentang tipe mahasiswa yang sedang ujian ditinjau dari segi kecepatan mengerjakan soal sampe bagaimana isi jawabannya. Pandangan ini sifatnya subyektif sih, soalnya semua yang gue tulis disini itu menurut apa yang gue liat dan apa yang gue rasa. Jadi, kalau sekiranya isi postingan ini ada yang kurang cocok, mohon maap yak.

Pertama, tipe mahasiswa ketika ujian dilihat dari kecepatannya mengerjakan soal:

1.  Mahasiswa ejakulasi dini
  Eeettss, jangan mikir macem-macem dulu ye, maksud gue mahasiswa dengan tipe ejakulasi dini ini adalah mahasiswa yang keluarnya cepet. Iya KELUAR CEPET. Mahasiswa ejakulasi dini ini mungkin tipe orang yang udah mempersiapkan segala macam kemungkinan soal yang bakal keluar saat ujian, sehingga mahasiswa dengan tipe ini dengan cepatnya menyelesaikan soal-soal yang keluar. Biasanya mahasiswa tipe ini menjadi pusat perhatian ketika mereka mulai berdiri dari kursi dan melenggang keluar pintu, pasti mahasiswa yang lagi nunduk ngerjain soal otomatis nengok dan melirik siapa yang keluar, kemudian ruangan mendadak gaduh untuk beberapa detik. “wuiiihh”

2.  Mahasiswa lemah syahwat
    Yang kedua adalah tipe tipe yang lemah syahwat, tipe ini adalah tipe yang kalo ngerjain soal keseringan leha leha dan terlalu selow, yang lain udah ganti halaman kertas polio, yang ini masih aja di halaman depan kertas polio, mungkin dia nulis angka nomor 1 aja di perkirakan panjang lebarnya dikasih motif mega mendung sama diukir pake ujung pulpen. Nafsu mereka mengerjakan soal udah gak ada atau bakal hilang, ntahlah. Dan bisa ditebak biasanya yang tipe ini keluarnya belakangan, ntah karena mereka gak belajar atau karena emang gak mau belajar atau emang gak ada niatan ikut ujian #NoOffense

3.  Mahasiswa “Following”
  Yang ketiga ini adalah mahasiswa “Following”, ntahlah gimana nyebutnya, yang pasti tipe tipe ini itu gak mau keluar sebelum ada yang keluar. Mereka udah selesei ngerjain semua soal tapi gak mau keluar sebagai orang pertama, mereka lebih cenderung menunggu orang lain keluar dulu, kemudian mahasiswa dengan tipe ini baru dah ikutan keluar bareng yang udah keluar duluan, halahribet. Gue salah satu penganutnya, selama mid test gue belum pernah keluar duluan dan cenderung ikut ikut yang lain. Selagi nunggu orang lain keluar duluan, biasanya tipe ini suka review lagi hasil kerjanya atau bahkan malah coret coret soal kayak gue :hammer

Kemudian yang kedua, tipe mahasiswa ketika ujian ditinjau dari isi jawabannya, sebenernya gue pernah liat ada gambar yang bahas tentang ini, tapi gue lupa dimana nemunya, yang pasti untuk tipe ini gue terinspirasi dari gambar itu dan mungkin beberapa ada yang sama atau mungkin sama semua ._.v

1.   Mahasiswa textbook
  Udah jelas, mahasiswa textbook ini adalah mahasiswa yang isi jawabannya persis semua seperti apa yang ada dibuku, mungkin dari penempatan titik koma segala macemnya bisa sama. Buku adalah segala galanya, tapi gak cuman buku sih, slide powerpoint yang dikasih dosen juga dia hapalin semua. Biasanya yang textbook ini nilainya bagus bagus, tapi gak semua orang rajin buat belajar sama persis seperti apa yang ada dibuku. Kadang gue juga masuk tipe si textbook ini sih .__.v

2.  Mahasiswa Apa adanya
     Iya, seperti namanya mahasiswa ini cenderung apa adanya, mungkin dia gak banyak belajar hanya mengandalkan ingatannya ketika belajar didalam kelas dan denger orang lain yang belajar. Tipe ini ada dua kemungkinan, bisa jadi dia punya daya ingat yang luar biasa atau emang dia males belajar #eh. biasanya mereka menunggu wangsit sebelum mengerjakan soal.

3.  Mahasiswa Hobi Curhat
   Karena gue kuliah di FISIP, dan kebanyakan soal yang keluar itu nannyain pendapat, hasilnya kebanyakan mahasiswa curhat di lembar jawaban bahkan bisa sampe full di polio bergaris bolak balik. Contoh pertanyaan mid test mata kuliah sistem sosial budaya Indonesia “mengapa manusia mengembangkan kebudayaan?” nah, dari pertanyaan itu bagi orang yang suka curhat mungkin bisa full di isi satu lembar kertas polio atau bahkan lebih. Gue juga termasuk tipe ini, tapi kemampuan curhat gue gak se ekstrem yang lain ._.v

4.  Mahasiswa yang ngakunya belum belum belajar tapi pas diliat jawabannya panjang panjang
      Nah tipe ini banyak nih, pas ditanya “udah belajar belum?” “belum nih, belum belajar sama sekali”, dan tiba tiba ketika soal dibagikan terus gak sengaja kita nengok jawabannya dan disana terpampang jawaban yang bukan main panjangnya. Ntahlah, mereka ini punya kekuatan goib atau apa, yang pasti jawabannya banyak banget. Tapi ya, jawaban panjang belum berarti bener kan? #eh ._.v.

Kayaknya cuman segitu doang sih tipe mahasiswa ketika ujian versi gue, mohon maaf jika ada salah salah kata atau ada pihak yang tersinggung. Sekali lagi postingan ini hanya bertujuan untuk hiburan semata. Oiya, karena gue anak semester awal, mungkin yang diatas itu bakal berbeda buat mahasiswa yang semesternya udah banyak banget. Thanks~

JADI KAMU KAMU MASUK TIPE YANG MANA? :3

2 komentar: