Sabtu, 14 September 2013

Tips Mengikuti SNMPTN 2014

Tips mengikuti SNMPTN 2014, ya seperti judulnya kali ini gue mau sedikit bahas tentang SNMPTN. SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau dulu dikenal dengan SNMPTN Undangan. seleksi ini tidak menggunakan tes tertulis seperti SBMPTN (SBMPTN akan di posting nanti) melainkan menggunakan nilai raport kalian selama 5 semester (tahun 2012 hanya 3 semester dan hanya mata pelajaran yang di UN kan) tetapi untuk tahun 2013 menggunakan semua mata pelajaran di 5 semester, untuk tahun 2014? kita tunggu saja informasi teranyarnya, mungkin akhir tahun ini atau awal tahun depan akan di umumkan persyaratan pastinya. oiya, enaknya ditahun ini adalah semua siswa boleh ikut SNMPTN, mau yang pinter, yang biasa, sampe yang luar biasa pun boleh mengikuti SNMPTN dan tentunya GRATIS.

Kalau semua orang boleh ikut dalam seleksi ini sebenarnya bisa baik atau buruk, tergantung pandangan kita masing-masing. semakin banyak yang ikut pasti semakin banyak saingan kita. dan semakin banyak saingan kita maka.................. ah sudahlah, kembali lagi ke cerita gue, jadi, pas SNMPTN kemaren gue dengan songongnya memilih Universitas yang benar benar favorite, ya siapa lagi kalo bukan Universitas Indonesia. siapa sih yang gak mau masuk UI? pake yellow jacketnya yang mentereng? gue juga mau, makanya gue pilih UI di SNMPTN. sebenernya gak salah sih kalo lo pilih UI di SNMPTN, tapi ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan, kalo lo pilih UI di SNMPTN, gue rasa gak cukup dengan nilai bagus lo bisa masuk UI lewat SNMPTN, tapi sepertinya UI punya penilaian yang penting lagi selain nilai raport karena nilai raport bisa dimanipulasi oleh sekolah. salah satu yang menurut gue PENTING banget adalah faktor Alumni. iya Alumni itu menurut gue penting banget, jadi keberadaan Alumni sekolah kalian yang kuliah di PTN incaran kalian menjadi tolak ukur juga dalam penilaian SNMPTN dan memegang porsi yang tidak sedikit, pasalnya yang dapet Juara UN ke-2 aja ditolak sama UI di SNMPTN, gak percaya? baca disini. see? masih belum percaya? ah terserah deh ya.




Oiya, alasan kemaren gue pilih UI selain karena emang PTN Favorite banget tapi karena gue pengen masuk Administrasi Fiskal, dan sialnya jurusan itu cuman ada di UI. di UB ada sih, tapi kalo di UB namanya Administrasi Perpajakan dan masuk ke fakultas Ilmu Administrasi, sedangan Fiskal UI masuk di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 

Kartu Peserta SNMPTN
Jadi, gue mau ngasih beberapa tips nih buat yang mau ikutan SNMPTN 2014 (kalo namanya gak ganti lagi):
  • Pilih PTN dan Jurusan yang kamu Incar
pilih PTN dan jurusan yang benar-benar kamu inginkan, karena SNMPTN ini hanya sekali loh seumur hidup~ gak apa-apa gagal di SNMPTN yang penting kita udah pernah nyoba daripada kita penasaran dan akhirnya malah coba coba di SBMPTN yang bener bener rawan bgt. tapi kalo kamu mau pake tips pertama ini, siapin mental aja ya yang kuat pas pengumuman SNMPTN, soalnya gue juga drop banget pas pengumuman dan ternyata GAGAL. hahaa. tapi ada juga yang lulus~ gak tau siapa~.
  • Usahakan nilai raport stabil dari semester 1-5
Nah, setelah lo udah mantep, pengen masuk jurusan apa dan di PTN apa, liat juga dah tuh, nilai raportnya gimana? banyak 6 nya kaga? #eh. sebenernya sih gue gak tau gimana penilaian pastinya, yang pasti usahakan nilainya tetep stabil atau naik, kalo turun jangan sampe terlalu jauh dari nilai di semester sebelumnya. ini hanya pendapat dari berbagai sumber loh ya, salah satu sumber favorite gue itu ya @Info_SNMPTN .
  • Pilih PTN yag BANYAK ALUMNI dari sekolah kamu
Nah, kalo kamu agak ragu sama tips pertama, yowes, cari aman aja. pilihlah PTN yang alumni sekolah kamu bertebaran kuliah disana. eits, tapi belum tentu loh ya kalo kamu pilih PTN yang banyak alumninya terus kamu tenang tenang pasti bakal diterima di PTN. semuanya butuh keberuntungan. tapi kalo kamu pake cara ini insyaAllah kesempatannya agak besar ketimbang pilih yang gak ada alumninya sama sekali kaya gue dulu pilih UI . eh, tapi kemaren 3 temen disekolah gue ada yang keterima di UNPAD, dan sebelumnya perasaan gue belum ada alumni sekolah gue yang kuliah di UNPAD. loh kok bisa? ya karena UNPAD tahun ini ada program nyaah ka jabar, jadi setiap kabupaten di Jawa Barat sudah punya kuota masing masing di setiap jurusan. salah satu temen gue yang diterima di UNPAD itu si Septi (Antropologi-UNPAD), dulu gue yang nyaranin doi ambil Antropologi UNPAD dan gue juga yang cekin pengumumannya, dia masuk tapi gue gagal. huft. kalo di daerah kalian ada program seperti ini, ikut aja, siapa tau nyantol kan~
  • Berdoa
setelah lo sibuk mikirin ini itu buat SNMPTN, ya selanjutnya tinggal berserah Kepada Allah SWT. karena kita manusia hanya bisa berencana, dan Tuhan lah yang akan memutuskan. dulu gue gak diterima di UI mungkin sudah keputusan terbaik ditahun ini, gue percaya Tuhan pasti punya rencana yang lebih Indah :"D
Oke, segitu dulu aja ya tips dari gue. semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat kalian yang akan mengikuti SNMPTN 2014. semoga bisa diterima di PTN dan Jurusan idaman kalian masing-masing. atau mau ada yang gagal  kayak gue? #TeamGagalSNMPTN janganlah ya, nyesek loh. oke skip, ntar malah curhat. sampai jumpa di postingan selanjutnya!!!!!!


9 komentar:

  1. wakawkkww . ngakak bacanya. tapi saya acungkan jempol atas keberaniannya ! (y)

    BalasHapus
  2. mana ada yang mau gagal kaleee-_- haha.
    aamiin, semoga gue bisa masuk ptn yg gue mau (masih galau). thanks tipsnyaa...btw, cara nulis lo bagus, gak ngebosenin, hihi.

    BalasHapus
  3. widih jalaksana :D sama2 kuningan asri haha
    keren lah, thx tipsnyaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong Jalaksana :p hahaaa.. Yooo sama-sama =))

      Hapus
  4. Ternyata ada juga yang tekad kayak gue. Kita belajar dari kegagalan ya sob :')

    BalasHapus
  5. Semangat dan terus bedoa :)

    BalasHapus