Minggu, 12 Juni 2011

Tips Belajar :)


Belajar untuk kalangan pelajar atau mahasiswa hukumnya WAJIB, dimana-mana seorang pelajar pasti harus belajar, karena belajar merupakan bekal masa depan untuk kita semua demi mencapai kesuksesan dikemudian hari. didalam proses belajar pasti masing-masing individu mempunyai cara yang berbeda-beda, ada yang senang belajar ditempat yang sepi, ada yang biasa belajar sambil makan, atau mungkin ada yang bisa belajar sambil mendengarkan musik, itu semua tergantung dengan karakter atau sifat setiap individu. untuk itu saya akan membagikan tips-tips belajar versi saya sendiri, oke langsung saja :

  • Ciptakan suasana yang kondusif
Supaya belajar menjad lebih mudah, sebaiknya kamu menciptakan susana senyaman mungkin, misalnya belajar ditempat yang hening, belajar didalam kamar atau yang lainnya. karena dengan begitu otak kita bisa lebih mudah menyerap materi yang sedang dipelajari.
  • Membuat catatan intisari dari bahan pelajaran
saat belajar seharusnya kita memperhatikan materi yang sedang diajarkan, contohnya dengan membuat catatan-catatan kecil yang nantinya kita bisa gunakan untuk mencontek  belajar kembali supaya lebih mengerti, kadang kalau kita membaca buku dari awal hingga akhir malah akan membuat kita bingung dan tambah tidak mengerti. untuk pelajaran matematika, sebisa mungkin saat ibu / bapa guru sedang menerangkan kita perhatikan secara serius dan mencatat rumus-rumus penting dengan menggunakan bahasa kita sendiri supaya bisa lebih dipahami.
  • Belajar dengan tekun dan rutin
Belajar harus dilakukan secara tekun dan rutin maksudnya, kita harus selalu sempatkan waktu untuk belajar dirumah, jangan hanya belajar pada saat akan menghadapi ulangan saja, karena jika begitu otak kita akan susah menerimanya, mislakan 1 hari ada 3 mata pelajaran yang diulangankan maka kita paksakan belajar 3 pelajaran dalam 1 malam, apa yang akan terjadi ? pasti kalian akan merasakan pusing karena otak terus menerus digunakan untuk menghapal. untuk itu sebaiknya dibiasakan belajar secara rutin dan teratur.
  •  Hindari Belajar Berlebihan
nah maksud saya tadi ini, Jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat biasanya kita akan panik jika belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh pelajar yang belum siap adalah dengan belajar hingga larut malam / begadang atau membuat contekan. Sebaiknya ketika akan ujian tetap tidur tepat waktu karena jika bergadang semalaman akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak.
  •  Membuat Perencanaan Yang Baik
Untuk mencapai suatu tujuan biasanya diiringi oleh rencana yang baik. Oleh karena itu ada baiknya kita membuat rencana belajar dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukan telah maksimal atau perlu ditingkatkan. Sesuaikan target pencapaian dengan kemampuan yang kita miliki. Jangan menargetkan yang nomor satu jika saat ini kita masih di luar 10 besar di kelas. Buat rencana belajar yang diprioritaskan pada mata pelajaran yang lemah. Buatlah jadwal belajar yang baik.
  • Membentuk Kelompok Belajar
Belajar kelompok dapat menjadi kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan karena ditemani oleh teman dan berada di rumah sendiri sehingga dapat lebih santai. Namun sebaiknya tetap didampingi oleh orang dewasa seperti kakak, paman, bibi atau orang tua agar belajar tidak berubah menjadi bermain. Belajar kelompok ada baiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar yang tidak pandai jadi ketularan pintar. Dalam belajar kelompok kegiatannya adalah membahas pelajaran yang belum dipahami oleh semua atau sebagian kelompok belajar baik yang sudah dijelaskan guru maupun belum dijelaskan guru.

oke sekian dulu tips dari saya, bagaimana tipsnya ? mudah dipahami bukan ? semoga semua tips ini bermanfaat bagi kalian semua :D
sekian dan terimakasih :)

2 komentar:

  1. Udah beberapa bulan ini saya ga' belajar sobb tapi untunk dengan baca artikel sobat saya jadi tau gimana belajar dengan baek..

    BalasHapus
  2. wahahaaa
    saya posting ini juga kebetulan lagi UKK :D
    thank's

    BalasHapus